Evaluasi Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Kinerja Perawat di Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Cirebon

Authors

  • Vina Nurdiana Wahdah Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jendral Soedirman
  • Arih Diyaning Intiasari Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jendral Soedirman
  • Joko Mulyanto Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jendral Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.56467/jptk.v8i2.446

Keywords:

manajemen sumber daya manusia, kinerja perawat, pelatihan, evaluasi kinerja, sistem insentif

Abstract

Pelayanan kesehatan yang berkualitas sangat bergantung pada kinerja tenaga keperawatan yang handal dan termotivasi. Di Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Cirebon (RSU UMC), strategi manajemen sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci dalam mengelola tenaga perawat agar mampu memberikan pelayanan optimal. Namun, terdapat berbagai tantangan seperti ketidakseimbangan antara jumlah perawat dan beban kerja yang berdampak pada kelelahan, kesejahteraan, dan motivasi perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi manajemen SDM dalam meningkatkan kinerja perawat di RSU UMC dengan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus melalui wawancara semi-terstruktur, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun RSU UMC telah menjalankan kebijakan rekrutmen transparan, pelatihan berkelanjutan, dan evaluasi kinerja, ketidakseimbangan beban kerja menyebabkan penurunan kesejahteraan fisik dan psikologis perawat. Motivasi kerja perawat juga dipengaruhi oleh kurang optimalnya sistem insentif yang lebih menitikberatkan pada kuantitas daripada kualitas pelayanan. Selain itu, komunikasi yang kurang efektif antara manajemen dan perawat memperburuk kondisi kesejahteraan dan menurunkan semangat kerja. Penelitian ini merekomendasikan perbaikan distribusi beban kerja, penguatan pelatihan yang relevan, pengembangan sistem insentif berbasis kualitas, serta peningkatan komunikasi untuk meningkatkan kesejahteraan, motivasi, dan kinerja perawat di RSU UMC.

References

Afthina, R. E., & Hidayat, M. S. (2022). Pengaruh Pelatihan dan Insentif terhadap Kinerja Perawat di RSUD Pambalan Batung Amunta Kalimatan Selatan. International Journal of Healthcare Research, 5(1). https://doi.org/10.12928/ijhr.v5i1.10131

Agustia, A. M. (2024). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Rumah Sakit Permata Hati Tangerang. Jurnal ASIK: Jurnal Administrasi, Bisnis, Ilmu Manajemen & Kependidikan, 2(1), 65-74. https://doi.org/10.59639/asik.v2i1.55

Alpian, N., Zulfikar, I., & Wahyuni, S. (2024). Hubungan Beban Kerja Terhadap Stress Kerja Pada Perawat Ruang Igd Rumah Sakit Umum Daerah Dr Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan. Identifikasi, 10(1), 143-149. https://doi.org/10.36277/identifikasi.v10i1.335

Amelia, A. R., Halim, I. P., Baharuddin, A., Ahri, R. A., Semmaila, B. ., & Yusuf, R. A. (2022). Hubungan Beban Kerja Perawat dengan Kejadian Tidak Diharapkan. Jurnal Keperawatan, 14(S2), 499–512. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/399

Atiyah, Y., & Wibowo, E. K. (2023). Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Pegawai Saat Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. Jurnal Sumber Daya Aparatur, 5(2), 65-80. https://doi.org/10.32834/jsda.v5i2.652

Ayni, N., Qomariah, N., & Sanosra, A. (2024). The Influence of Work Experience and Employee Competency on Nurse Performance. International Journal of Manangement and Economics Invention, 10(08). https://doi.org/10.47191/ijmei/v10i8.08

Ayuningtyas, F. D., & Wibowo, I. (2024). Analisis Kinerja Pelayanan Tenaga Medis Terhadap Pasien BPJS di RS Muhammadiyah Kota Bandung. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(4), 2290-2299. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i4.2575

Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd ed.). SAGE Publications.

Darim, A. (2020). Manajemen perilaku organisasi dalam mewujudkan sumber daya manusia yang kompeten. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 22-40. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.29

Effendi, C. A., Paramarta, V., & Purwanda, E. (2024). Peran teknologi informasi, pengelolaan sumber daya manusia, dan sistem informasi rumah sakit dalam meningkatkan kinerja rumah sakit (Kajian literatur). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13479-13489. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34703

Fadilla, dr. N. (2021, March 19). Hospital Management Information Systems In Increasing Efficiency: Mini Literature Review. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(1), 357-374. Retrieved from https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/555

Fortuna, I. D. (2025). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Perawat di Rumah Sakit: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Manajemen Kesehatan dan Keperawatan, 1(4), 193-201. https://doi.org/10.35968/wnyrep90

Ismanto, I., Kumalasari, F., & Febrianti, F. F. (2024). Pengaruh Work-Life Balance Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Perawat (Studi Pada Rs. Antam Pomalaa). Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 7(1), 82-94. https://doi.org/10.57093/metansi.v7i1.248

Kasumayanti, E., Hotna, S., & Mayasari, E. (2024). Hubungan Antara Beban Kerja dengan Kepuasan Kerja Perawat di RSUD Bangkinang Kabupaten Kampar Tahun 2023. Jurnal Ners, 8(1), 199-203. https://doi.org/10.31004/jn.v8i1.22998

Krisdiana, H., Iljas, J., Ayuningtyas, D., & Juliati, E. (2022). Hubungan beban kerja tenaga kesehatan dengan kelelahan kerja di Puskesmas Kecamatan Sukmajaya Kota Depok selama pandemi. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, dan Informatika Kesehatan, 2(3), 2. https://doi.org/10.7454/bikfokes.v2i3.1030

Laksmana, P. E., Setyaningrum, I., & Ariani, M. (2024). Strategi Pengembangan UMKM Kota Batu Jawa Timur Menuju Pertumbuhan Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 8(2), 569-585. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4050

Lestari, E. A., & Fitriani, A. D. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien Di Rawat Inap RSU Mitra Medika Bandar Klippa Tahun 2021. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(2), 891-915. https://doi.org/10.33143/jhtm.v7i2.1596

Lutfi, M., Puspanegara, A., & Mawaddah, A. U. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelelahan Kerja (Burnout) Perawat Di Rsud 45 Kuningan Jawa Barat. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 12(2), 173-191. https://doi.org/10.34305/jikbh.v12i2.332

Nasrullah, N., & Prameswari, R. D. (2023). Human Resource Management Analysis (Hospital Nurse Performance Case Study). Jurnal Eduhealth. https://doi.org/10.54209/jurnaleduhealth.v14i3.2575

Nugrahani, R. U., & Arifputri, A. N. (2023). A Pelatihan Komunikasi Pelayanan Untuk Meningkatkan Engagement Oetomo Hospital Sebagai Rumah Sakit Baru Di Kabupaten Bandung. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 6, 1-8. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v6i0.1926

Riwu, S. L., & Wibowo, A. (2021). Penilaian kinerja rumah sakit dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard: Systematic review. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 7(2), 267-283. http://dx.doi.org/10.29241/jmk.v7i2.638

Saleh, M. F. M., Ahri, R. A., & Multazam, A. M. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Perawat: Human Resource Management on Nurse Performance. Journal of Muslim Community Health, 3(1), 55-67. https://doi.org/10.52103/jmch.v3i1.785

Setiawan, S., Suza, D. E., Asiah, N., Nurbaiti, N., Rasmita, D., & Ariadni, D. K. (2023). Pelatihan Tentang Aplikasi Service Quality Bagi Perawat di Rumah Sakit Umum Deli, Medan, Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 4(3), 113-120. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v4i3.124

Susiloningtyas, L., Cahyono, A. D., & Wiseno, B. (2022). Kualitas Pelayanan Prima Tenaga Administrasi Kesehatan dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kesehatan di Rsud Kabupaten Kediri: Excellent Service Quality Of Health Administrative Personnel In Providing Health Administrative Services In Rumah Sakit Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmiah Pamenang, 4(2), 35-47. https://doi.org/10.53599/jip.v4i2.97

Sutrasna, Y., Prakoso, L. Y., Haetami, H., Suwito, S., Sundari, S., Djamarel, D., ... & Putri, R. (2022). Implementasi Kebijakan Ekonomi Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi Dan Alat Kesehatan Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(4), 5999-6010.

Wisudawan B, O., Nu’man AS Daud, Djaharuddin, I., Dewi Rizki Nurmala, Anto J. Hadi, Haslina Ahmad, Muhammad Tahir, & Muh. Ayyub Amin. (2024). Stres Kerja dan Keselamatan Pasien: Literature Review: Occupational Stress and Patient Safety: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(4), 871-898. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i4.5142

Downloads

Published

2025-07-16