Pengaruh Waktu Tunggu terhadap Kepuasan Pasien di Poliklinik Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Majene
DOI:
https://doi.org/10.56467/jptk.v8i2.492Keywords:
waktu tunggu, kepuasan pasien, rawat jalanAbstract
RSUD Majene adalah salah satu rumah sakit pemerintah tipe C yang berada di Kabupaten Majene. Dari 70 responden yang diamati, menunjukkan bahwa 60 % responden merasa puas dengan waktu tunggu yang sesuai standar (≤ 60 menit) sedangkan 40% responden merasa kurang puas dengan waktu tunggu yang lebih dari waktu standar (>60 menit), Oleh sebab itu sebagian besar responden kurang puas terhadap waktu dan pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Majene. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu tunggu pasien terhadap kepuasan pasien di Unit Rawat Jalan RSUD Kabupaten Majene tahun 2025. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik, dengan desain cross sectional study. Populasinya adalah pasien rawat jalan di RSUD Kabupaten Majene. dari populasi sejumlah 213 orang, dengan menggunakan teknik sampling random sampling, diperoleh jumlah sampel sebanyak 70 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Uji analisis ang digunakan adalah uji chi square untuk mengetahui korelasi atau hubungan antara dua variabel. Pengujian dilakukan dengan mneggunakan software SPSS 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien rawat jalan menyatakan waktu tunggu di RSUD Kabupaten Majene sudah sesuai standar sedangkan untuk kepuasan pasien sebagian besar pasien merasa tidak puas. Untuk hasil uji chi square menunjukkan bahwa p value = 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh antara waktu tunggu terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Kabupaten Majene.
References
Anonim. Definisi, tugas dan fungsi Rumah sakit Menurut WHO. http ://kedai obat.co.ccWordpress.com. diakses pada tanggal 25 februari 2025
Arieta R. Analisis Waktu Tunggu Pasien di Departeman Gigi dan Mulut RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad Tahun 2011. Fakultas Kesehatan Masyarakat,Tesis.Jakarta: Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit Universitas Indonesia; 2012.
Azwar, A., dan Prihartono, J.2014.Metodologi Penelitian. Tangerang: Binarupa Aksara Publisher.
Capapé, C., Seck, A. A., & Quignard, J. P. (1999). Observations on the reproductive biology of the angular rough shark, Oxynotus centrina (Oxynotidae). Cybium, 23(3), 259–271.
Dewi, M. O., & Marsepa, E. (2021). Pengaruh Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Mauk Kabupaten Tangerang Banten. Nusantara Hasana Journal, 1(7), Page.
Esti A. Pengaruh Waktu Tunggu dan Waktu Sentuh Pasien terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Poli Umum di Puskesmas Sukorame Kota Kediri. Publikasi.stikesstrada.ac.id. diakses pada 3 maret 2025
Issumi Maharani Tanjung, Thomson Nadapdap, & Iman Muhammad. (2023). Evaluasi Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap RS Imelda Pekerja Indonesia Medan. Detector: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 1(4), 121–134. https://doi.org/10.55606/detector.v1i4.2531
Jannah, N. (2017). Pengaruh Citra Merek, Fasilitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan Untuk Memanfaatkan Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Semen Gresik. Manajerial, 2(1), 62. https://doi.org/10.30587/jurnalmanajerial.v2i1.177
Kaunang, V., Citraningtyas, G., & Lolo, W. A. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bhayangkara Manado. Pharmacon, 9(2), 233. https://doi.org/10.35799/pha.9.2020.29276
Keputusan Menteri Kesehatan. 2008. No. 269/MENKES/PER/III/2008 Tentang Rekam Medis
Mahendro, U. J., Ningsih, D., & Handayani, S. R. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Pracimantoro I Wonogiri. Journal of Islamic Pharmacy, 7(2), 86–93. https://doi.org/10.18860/jip.v7i2.17455
Manuhuwa, S. G. (2020). Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Tk Iii. 7(1), 8–19.
Menteri Kesehatan RI. 2008. NOMOR : 129/Menkes/SK/II/2008 tentang standar pelayanan minimal rumah sakit
Neti M. Bustani. 2015. Analisis Lama Waktu Pelayanan Pasien Rawat Jalan di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Propinsi Sulawesi Utara.
NISA, K., & Widya Wati, N. W. K. (2023). Tinjauan Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Pendaftaran Rawat Jalan dari Perspektif Admisi di Puskesmas Guntung Manggis. Jurnal Kesehatan Indonesia, 13(3), 167. https://doi.org/10.33657/jurkessia.v13i3.864
Priharyanto, S. 2012. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Regional IV Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam http://core.ac diakses 3 maret 2025
Pengertian dan Penerapan. Jakarta. ECG
Putri, T., Pradiani, T., & Fathorrahman. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Sebagai Intervening Di Klinik Fast Medika Center. Bursa : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.59086/jeb.v2i1.211
Rahman, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan pada Rumah Sakit Ibu dan Anak An Nisa Kota Jambi. Science of Management and Students Research Journal (SMS), 3(1), 1. https://doi.org/10.33087/sms.v3i1.100
Rensiner, R., Azwar, V. Y., & Putra, A. S. (2018). Analisis Faktor Kualitas Pelayananterhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rsud Dr. Achmad Darwis. Jurnal Kesehatan Andalas, 7, 1. https://doi.org/10.25077/jka.v7i0.817
Riwidikdo, H. 2012. Statistik Kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press. Rosjidi, C.H., Liawati E. 2013. Panduan Penyusunan Proposal dan Laporan Penelitian Untuk Mahasiswa Kesehatan. Ponorogo.
Riyanto, A. 2011. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Rosjidi, C.H., Liawati E. 2013. Panduan Penyusunan Proposal dan Laporan Penelitian Untuk Mahasiswa Kesehatan. Ponorogo.
Rohmah, N., Yusuf, A., & Haryono, B. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 8, no, 35-44.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta.
Suherlina, Nasution, S. W., Silaen, M., & Suyono, T. (2018). Pengaruh Waktu Tunggu Pengambilan Obat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Lubuk Baja Kota Batam Tahun 2018. Jurnal Mutiara Kesehatan Masyarakat, 3(2), 90–98.
Sunyoto, D. 2011. Analisis untuk Penelitian Kesehatan Analisis Data Penelitian dengan SPSS untuk Mahasiswa da Praktisi Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Sujarweni, V. 2015. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Sudra, Rano Indradi. 2014. Rekam Medis. Tangerang Selatan: Universitas terbuka Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa (ed.4). Yogyakarta : ANDI
Supandi, D., & Imanuddin, B. (2021). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Kedaung Barat Kabupaten Tangerang Tahun 2020. Jurnal Health Sains, 2(1), 33–43. https://doi.org/10.46799/jhs.v2i1.71
Umam, C., Muchlisoh, L., & Maryati, H. (2019). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Dengan Metode Ipa (Importance Perfomance Analysis) Di Puskesmas Bogor Tengah Kota Bogor Tahun 2018. Promotor, 2(1), 7–19. https://doi.org/10.32832/pro.v2i1.1784
Utami Yeni Tri., Jurnal Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di RSU Assalam Gemolong. Apikes Citra Medika. Surakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuliana sulaiman; risna dewi, darmin dina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.